Bentuk-Bentuk Tarian Yang Berasal Dari Amerika

Bentuk-Bentuk Tarian Yang Berasal Dari Amerika – Tari adalah sebuah seni pertunjukan yang terdiri dari urutan gerakan manusia yang fasih menyampaikan ekspresi yang berbeda.

Secara historis pun dikembangkan sebagai alur santai dengan musik, tari sekarang sudah mengambil bentuk seni terstruktur yang dapat dikategorikan dan dijelaskan oleh koreografi, repertoar gerakan, atau oleh periode sejarah atau tempat asalnya.

Di antara klasifikasi yang berbeda, tempat asal gaya tari adalah yang paling penting, karena mencerminkan sumber akar estetika yang terkait dengan genre tari tertentu.

Di antara berbagai gaya tari asal yang berbeda, bentuk tarian asal Amerika telah sangat populer di barat dan semakin diadopsi oleh arena tari di seluruh dunia.

Amerika Serikat merupakan rumah bagi berbagai gaya tarian termasuk Hip-Hop, Tap Dance, dan turunannya Rock and Roll, dan tarian persegi modern.

Negara ini selalu menjadi pusat tarian sosial dan formal termasuk tarian Swing yang hidup, Jazz, dan Foxtrot.

Berikut ini adalah daftar bentuk tarian paling populer yang berasal dari Amerika.

1. Swing dance

Bentuk-Bentuk Tarian Yang Berasal Dari Amerika

Swing dance merupakan kelompok tarian yang berkembang dengan gaya swing musik jazz pada tahun 1920-an – 1940-an.

Dari ratusan gaya swing dance yang berkembang pada masa itu, pernah ada yang bertahan hingga saat ini antara lain: Lindy Hop, Balboa, Collegiate Shag, dan Charleston.

Yang paling terkenal dari tarian ini adalah Lindy Hop, yang berasal dari Harlem pada awal 1930-an.

Ayunan adalah tarian pasangan yang cepat dan serba cepat, ditandai dengan banyak ayun, lemparan, dan lemparan penari yang berirama.

Ini adalah gaya tarian non-progresif yang kebanyakan dilakukan di satu tempat.

Tidak seperti penari ballroom, pasangan tarian ayunan berpegangan tangan sebagai lawan meletakkan tangan di bahu atau di pinggang.

Jika Anda terjun ke dunia swing dance, Anda akan sangat sering menemukan istilah Jitterbug.

Jitterbug adalah istilah umum yang menunjukkan semua bentuk tarian ayunan, meskipun sering digunakan sebagai sinonim untuk turunan enam hitungan Lindy Hop yang disebut “East Coast Swing”.

Menariknya, penari ayunan juga dikenal sebagai jitterbug. Swing dance mencakup berbagai gaya tarian pasangan yang unik:

– Lindy Hop: Mungkin tarian ayunan paling populer, tarian ini berasal dari Harlem.

– East Coast Swing: Sering terlihat di lantai dansa klub atau kedai minuman, tarian ini dipengaruhi oleh Foxtrot.

– West Coast Swing: Sebuah tarian slotted di mana pengikut melakukan perjalanan bolak-balik sepanjang persegi panjang, atau slot.

– Jive: Jive adalah variasi cepat dari Jitterbug.

– Boogie-woogie: Tarian ini biasanya ditarikan dengan musik rock atau blues.

– Carolina Shag: Sebuah tarian yang dilakukan dengan musik pantai.

2. Hip Hop dance

Tarian hip-hop awalnya adalah gaya tari jalanan yang dilakukan untuk musik hip hop.

Tarian gaya bebas ini mencakup berbagai teknik terutama break dance atau break dance yang diciptakan pada 1970-an.

Dikembangkan sebagai bentuk tarian paling informal, di jalan-jalan Amerika, gaya tarian ini secara bertahap mengumpulkan cahaya kapur melalui acara televisi seperti Soul Train dan film 1980-an Breakin’, Beat Street, dan Wild Style.

Paparan arus utama, menyebabkan evolusi versi studio berbasis hip-hop, kadang-kadang disebut “new style”, dan gaya tari jazz yang dipengaruhi hip-hop disebut “jazz-funk”.

Hari ini, tari hip-hop dipraktekkan di studio tari dan ruang terbuka.

Dengan meningkatnya pertunjukan yang berfokus pada tari seperti So You Think You Can Dance, America’s Got Talent, America’s Best Dance Crew, dan World of Dance, tari Hip-Hop kini telah menjadi pokok budaya pop.

3. Jazz dance

Bentuk-Bentuk Tarian Yang Berasal Dari Amerika

Tarian jazz adalah teknik dan gaya tarian pertunjukan yang muncul dari tarian vernakular Afrika-Amerika pada akhir 1800-an hingga pertengahan 1900-an.

Tarian jazz sering mengacu pada beberapa gaya tarian terkait, semuanya dengan asal yang sama seperti tap, balet, musik jazz, dan ritme dan tarian Afrika-Amerika. Tarian jazz dapat merujuk pada jazz vernakular atau Broadway atau jazz teatrikal.

Tarian jazz dicirikan oleh lompatan dan putaran, yang pada dasarnya membutuhkan postur yang benar untuk melakukan gerakan tersebut dengan benar.

Pondasi teknis yang kuat adalah suatu keharusan untuk gaya tarian ini, karena memungkinkan penari Jazz untuk fokus pada aspek gaya dan penampilan tarian.

Selain itu, gerakan penari jazz yang kuat dan tajam sangat terbantu dengan latar belakang teknik balet yang baik.

4. Foxtrot

Foxtrot adalah bentuk tarian romantis yang indah yang berkembang pada tahun 1910 dan mendapatkan popularitas maksimum pada tahun 1930-an.

Gaya tarian dicirikan oleh gerakan mengalir yang panjang dan terus menerus di lantai dansa dan ditarikan dengan musik band besar (biasanya vokal).

Gaya tarian foxtrot pada dasarnya membutuhkan gerakan yang halus, tanpa menyentak tubuh.

Pengaturan waktu juga merupakan komponen yang sangat penting dari foxtrot.

Karena lebih menantang daripada gaya tarian lainnya, adalah bijaksana untuk mempelajari waltz dan langkah cepat sebelum mencobanya.

Slow foxtrot adalah favorit di antara penari ballroom.

American Social Style, American Continuity Style, dan International Style adalah tiga gaya berbeda dari slow foxtrot yang biasa dipraktikkan oleh penari ballroom saat ini.

Julia Bishop

Back to top