Gaya Seni Tari Paling Populer di Dunia Saat Ini

Gaya Seni Tari Paling Populer di Dunia Saat Ini – Tari adalah jenis seni yang umumnya pasti melibatkan gerakan tubuh, sering berirama dan musik. Hal ini sendiri dilakukan di banyak budaya sebagai bentuk ekspresi emosional, interaksi sosial, atau latihan, dalam pengaturan spiritual atau kinerja, dan kadang-kadang digunakan untuk mengekspresikan ide atau menceritakan sebuah cerita. Menari itu menghibur. Gairahnya bagi sebagian orang serta profesi bagi sebagian orang. Apakah Anda bisa atau tidak bisa tetapi Anda menari! semua orang melakukannya.

Di sini telah dibuatkan daftar beberapa gaya tarian paling populer yang dilakukan di seluruh dunia. Dapat diyakini Anda akan akrab dengan beberapa gaya, tetapi daftar ini membahas beberapa tarian dari budaya yang berbeda yang mungkin baru bagi Anda.

1. Line Dance

Gaya Seni Tari Paling Populer di Dunia Saat Ini

Tari baris adalah tari koreografi dengan urutan langkah yang diulang-ulang di mana sekelompok orang menari dalam satu atau lebih baris atau baris tanpa memperhatikan jenis kelamin individu, semua menghadap ke arah yang sama, dan melakukan langkah-langkah pada waktu yang sama. Penari garis tidak melakukan kontak fisik satu sama lain. “line dances” yang lebih tua memiliki garis di mana para penari saling berhadapan, atau “line” adalah lingkaran, atau semua penari di “line” mengikuti seorang pemimpin di sekitar lantai dansa; sambil memegang tangan para penari di samping mereka.

2. Salsa

Salsa adalah genre tarian sinkretis dari Kuba. Ini biasanya merupakan tarian pasangan, meskipun ada bentuk solo yang diakui. Salsa biasanya menari dengan musik salsa meskipun kebanyakan orang melakukan langkah-langkah dengan musik Amerika Latin juga. Salsa membutuhkan pasangan, meskipun Anda dapat membuat koreografinya sebagai bentuk tarian garis di mana pasangan mungkin tidak diperlukan. Anda dapat melakukan salsa sebagai improvisasi tetapi umumnya koreografer. Gaya tarian ini sangat populer di seluruh Amerika Latin dan seiring waktu menyebar ke Amerika Utara, Eropa, Australia, Asia dan Timur Tengah.

3. Ballet

Ini adalah tarian pertunjukan dan berasal dari Italia selama abad kelima belas. Tarian ini berkembang di Prancis dan Rusia dan berkembang dari tarian pertunjukan menjadi tarian konser. Ini adalah bentuk tarian yang sangat rumit dan diajarkan di berbagai sekolah balet di seluruh dunia. Tarian ini biasanya dikoreografikan dengan musik vokal atau orkestra. Ini melibatkan kerja pointe, aliran dan gerakan akrobatik yang sangat tepat. Balet berubah dari balet romantis, menjadi ekspresionis dan neoklasik. Kata aslinya diterjemahkan menjadi ‘menari’.

4. Break Dance atau B-boying

Break Dance atau B-boying atau B-girling adalah bentuk gaya tarian jalanan yang dipopulerkan oleh Michael Jackson. Tarian ini terdiri dari empat elemen utama: toprock, downrock, power move dan freeze/suicides. Gaya tarian ini sangat akrobatik dan memiliki unsur senam di dalamnya, gaya tarian ini menuntut kekuatan, keterampilan, keseimbangan dan teknik antara lain. Seorang praktisi tarian ini disebut b-boy, b-girl, atau breaker. Istilah-istilah ini lebih disukai oleh sebagian besar pionir dan praktisi paling terkemuka.

5. Kathak

Gaya Seni Tari Paling Populer di Dunia Saat Ini

Kathak adalah salah satu dari delapan bentuk tarian klasik India, yang berasal dari India. Bentuk tarian ini menelusuri asal-usulnya ke penyair nomaden India utara kuno, yang dikenal sebagai Kathakar atau pendongeng. Bentuknya saat ini mengandung jejak tarian candi dan ritual, serta pengaruh gerakan bhakti. Dari abad ke-16 dan seterusnya ia menyerap ciri-ciri tertentu dari tarian Persia dan tarian Asia Tengah. Nama tarian ini berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti cerita. Tarian klasik dapat dibandingkan dengan tarian balet. Tarian ini sangat rumit dan biasanya memiliki arti tersendiri. Sama seperti namanya, mereka seharusnya menceritakan semacam cerita. Tidak ada yang melakukannya lebih baik dari Madhuri Dixit.

6. Belly Dance

Tari perut adalah nama yang diciptakan Barat untuk tarian “tradisional Asia Barat”, terutama Raqs Sharqi. Kadang-kadang juga disebut tarian Timur Tengah atau tarian Arab di Barat. Istilah “Belly dance” adalah keliru karena setiap bagian tubuh terlibat dalam tarian. Bagian tubuh yang paling menonjol adalah pinggul. Ini pada dasarnya berasal dari Timur Tengah. Tidak ada yang melakukannya lebih baik dari Shakira. Tari perut dipopulerkan di Barat selama gerakan Romantis abad 18 dan 19, ketika seniman Orientalis menggambarkan gambar romantis kehidupan harem di Kekaisaran Ottoman.

7. Yangko Dance

Tarian Yangko adalah tarian tradisional suku Han Cina. Itu berasal dari Cina dan kebetulan menjadi bagian populer dari budaya mereka. Ini melibatkan goyangan tubuh ke ritme tertentu. Pinggang dan pinggul digunakan untuk menggerakkan kaki agar selaras dengan musik. Tarian ini memiliki sejarah seribu tahun di Tiongkok dan biasanya ditampilkan di Festival Lentera. Anda dapat melihat banyak video di YouTube tentang tarian tersebut. Yangko telah berubah sejak awal dan yang kita lihat sekarang kebetulan berasal dari akhir 1940-an.

8. Tap Dance

Tap dance adalah bentuk tarian yang dicirikan oleh suara ketukan yang dibuat dari pelat logam yang dilekatkan pada bola dan tumit sepatu penari. Sepatu khusus dibuat untuk menari tap. Pelat logam ini, ketika diketuk pada permukaan yang keras, menciptakan suara perkusi dan karena itu para penari dianggap sebagai musisi. Tap dance berakar pada tarian Afrika-Amerika seperti Juba Dance, English Lancashire Clog dancing, dan mungkin yang paling terkenal adalah tarian stepdance Irlandia. Hal ini diyakini telah dimulai pada pertengahan 1800-an selama munculnya pertunjukan penyanyi.

Back to top