Seni Tarian Tradisional Khas Spanyol Yang Terbaik

Seni Tarian Tradisional Khas Spanyol Yang Terbaik – Hal pertama yang terlintas dalam pikiran bila Anda berpikir mengenai tarian tradisional Spanyol adalah Flamenco. Anda melihat seorang wanita yang tinggi cantik dalam gaun merah dengan titik-titik hitam mencambuk roknya dari sisi ke sisi. Tetapi ada banyak variasi yang tersebar luas di seluruh negeri. Dari komunitas gipsi di selatan, hingga CELTIK HERITAGE OF GALICIA di utara. Budaya Spanyol yang kaya dan beragam ditangkap dengan sempurna dalam 5 tarian tradisional Spanyol teratas ini. Jika Anda selalu ingin pergi ke Barcelona untuk mempelajari salah satu tarian ini, tetapi tidak bisa sekarang. Jangan khawatir, ada banyak sekolah tari yang memberikan pelajaran online. Dengan cara ini Anda siap ketika Anda akhirnya tiba di Barcelona secara langsung.

1. Flamenco

Seni Tarian Tradisional Khas Spanyol Yang Terbaik

Kita harus mulai dengan FLAMENCO, ini adalah tarian tradisional Spanyol yang paling terkenal. Sebenarnya ini lebih dari sekedar tarian; itu adalah bentuk seni yang didasarkan pada berbagai tradisi musik folkloric di Spanyol Selatan. UNESCO bahkan mendeklarasikan flamenco sebagai salah satu Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity pada tahun 2010. Rekor tertua musik flamenco berasal dari tahun 1774 di BOOK LAS CARTAS

Flamenco telah dipengaruhi oleh orang-orang Romawi di Spanyol. Tapi asal dan gayanya khas Andalusia. Flamenco telah menjadi sangat populer di seluruh dunia, terutama di Amerika Serikat dan Jepang. Fakta menyenangkan, ada lebih banyak akademi flamenco di JEPANG daripada di Spanyol. Tarian ini adalah tampilan sensual dari gerakan yang mengalir, bergaya namun sangat pribadi. Ini melibatkan banyak gerakan lengan, tubuh bagian atas, tangan dan jari, gerak kaki, dan kerja tumit.

2. Paso Doble

Tarian Spanyol lainnya yang sangat terkenal adalah Paso Doble. Paso Doble adalah tarian serba cepat berdasarkan ritme dan gerakan BULLFIGHT. Tapi itu dimulai sebagai pawai militer Spanyol yang digunakan oleh pasukan infanteri. Kecepatannya memungkinkan pasukan untuk memberikan 120 langkah per menit. Paso Doble juga ditampilkan dalam banyak komedi abad ke-18. Sebagai tarian ballroom biasanya dilakukan secara berpasangan, satu pria dan satu wanita. Dengan kata mantan untuk mewakili matador atau matador. Paso Doble memiliki struktur yang ditetapkan. Ini terdiri dari pengantar berdasarkan akord dominan dari bagian tersebut. Ini diikuti oleh fragmen pertama berdasarkan nada utama dan bagian kedua disebut “the trío”. Setiap perubahan didahului dengan “brieph”. Dan segmen terakhir dari Paso Doble biasanya “trio” dimainkan dengan kuat.

3. Zambra

Seni Tarian Tradisional Khas Spanyol Yang Terbaik

Zambra adalah salah satu tarian paling sensual dalam daftar ini. Tarian ini menelusuri akar Moornya kembali ke Granada dan orang-orang Romani yang menetap di sana. Zambra adalah versi Flamenco tetapi ada pengaruh tari perut yang berat dalam gaya dan gerakannya. Bahkan kostumnya, dengan kemeja yang diikat untuk mengekspos bagian tengah penari dan rok panjang yang mengalir, sangat berbeda dari Flamenco. Tarian ini dilakukan tanpa alas kaki, dan dimulai sebagai tarian perayaan di pesta pernikahan. Sekarang dipentaskan di berbagai lingkungan sekitar Granada untuk para turis. Fakta menyenangkan: itu sebenarnya dilarang di Spanyol untuk sementara waktu karena terlalu sensual.

4. Jota

Tarian ini merupakan salah satu tarian rakyat nasional Spanyol. Asalnya terletak di wilayah Aragon. Tetapi ada perbedaan yang jelas dalam tarian tergantung di mana ia dibawakan. Perbedaan tersebut dapat berkisar dari alat musik apa yang mengiringi para penari, kostum, hingga kapan tarian tersebut dipentaskan secara tradisional. Tarian ini sangat energik dan terdiri dari banyak langkah cepat dan melompat. Ada yang bilang itu tarian pacaran. Jota paling banyak dipraktikkan di Aragon, Valencia, Catalonia, dan Galicia. Yang paling terkenal adalah Jota Aragon, yang berasal dari abad ke-18 dan sangat modis di abad ke-19.

5. Muiñeira

Sebuah tarian yang ditemukan di wilayah barat laut Galicia. Muiñeira adalah contoh pengaruh Celtic pada budaya lokal di bagian dunia ini. Salah satu persamaan yang paling jelas dengan musik Celtic adalah penggunaan jenis bagpipe yang dikenal sebagai gaita untuk menampilkan musik pengiring. Ada beberapa variasi regional dari Muiñeira, misalnya Muiñeira de Chantada. Ini juga sangat mirip dengan “Jig”, sepupu Celtic-nya. Tariannya sangat energik, ceria, ekspresif, dan hidup. Karakter yang menyenangkan dikombinasikan dengan komponen sosial yang mengekspresikan kegagahan. Ada dua pemain Muiñeira yang sangat terkenal: Carlos Núñez dan Susana Seivane.

Julia Bishop

Back to top