Gaya Dari Seni Tari Afrika Yang Kreatif di Dunia

Gaya Dari Seni Tari Afrika Yang Kreatif di Dunia – Afrika dikenal dengan berbagai keragaman musik dan tariannya yang kaya. Tahun sebelumnya tak berbeda ketika benua menyaksikan beberapa gaya tarian terbaik yang pernah dibuat. Dari Utara ke Selatan, Timur ke Barat, tidak diragukan lagi gaya tarian yang sedang tren sepanjang tahun ini akan terus memikat para peserta dan penonton di tahun-tahun mendatang.

Sungguh menakjubkan melihat bagaimana kreativitas telah diresapi dengan sempurna dengan budaya dan tren Afrika untuk menciptakan tarian luar biasa yang akan menggoda Anda untuk bergabung dengan lantai dansa. Sensasi tarian ini diharapkan akan tetap populer di tahun sebelumnya seiring dengan menunggu tarian baru di benua tersebut. Mari kita lihat gaya tarian Afrika yang menjadi tren. sbobet asia

1. Tarian Shaku Shaku – Nigeria

Gaya Dari Seni Tari Afrika Yang Kreatif di Dunia

Shaku Shaku adalah gaya tari jalanan sensasi Nigeria yang tidak hanya menggemparkan benua Afrika tetapi seluruh dunia. Sejak Shaku Shaku memukul, orang-orang sepertinya tidak bisa melupakannya. Shaku Shaku terus mendapatkan popularitas dan tidak menunjukkan tanda-tanda akan menyerah. Langkah-langkah tarian datang dalam berbagai variasi dan disamakan dengan orang mabuk. Mereka biasanya melibatkan seluruh gerakan tubuh termasuk lengan dan kaki. Tarian adalah gaya bebas dan menelusuri asal-usulnya dari jalanan. Shaku Shaku hari ini disebut sebagai Gaya Gangnam Nigeria.

2. Tarian Odi – Kenya

Tarian Odi adalah sensasi tarian Kenya yang biasa dikaitkan dengan kaum muda. Dimulai oleh seorang penari dan artis profesional gospel, Timeless Noel, Hype Ochi dan Jabiddi, artis gospel dancehall, tarian Odi mulai menarik lebih banyak anak muda untuk Injil Kristus. ‘Odi’ adalah kata slang untuk biasa. Sasaran dari tarian ini adalah para pemuda ghetto (lingkungan kumuh dan berpenghasilan rendah) berdasarkan keyakinan kelompok bahwa meskipun Yesus adalah pribadi yang luar biasa, Ia datang ke dunia sebagai manusia biasa dan berbaur dengan semua orang terlepas dari status sosial mereka. Tarian ini tidak hanya menjadi sensasi nasional tetapi juga populer di seluruh benua Afrika.

3. Tarian Gwara Gwara – Afrika Selatan

Pada tahun sebelumnya, tarian Gwara Gwara, tarian viral Afrika Selatan menjadi internasional. Dimulai oleh DJ Bongz, tarian ini melibatkan gerakan mengangkat dan mengayunkan satu kaki sambil melibatkan seluruh tubuh termasuk lengan yang selaras dengan gerakan kaki. Puncak Gwara Gwara adalah ketika dibawakan dalam Upacara Grammy Awards 2018. Beberapa artis internasional yang pernah tampil dan menari Gwara Gwara termasuk Rihanna.

4. Tari Rosalina – Republik Demokratik Kongo

Daftar tarian Afrika teratas tidak lengkap tanpa tarian Rosalina yang terkenal yang berasal dari lagu BM Rosalina. Berasal dari Republik Demokratik Kongo, Rosalina yang berarti “Break Your Back” menjadi hit instan di tahun sebelumnya dengan para penggemar di seluruh benua ikut serta dalam berbagai tantangan dance. Ini tarian adrenalin tinggi dengan gerakan yang menggetarkan berkat ketukan Kongo yang mengesankan yang mengatur kecepatan ritme. Tarian ini melibatkan gerakan sistematis dari kaki, lengan, pinggang dan seluruh tubuh.

5. Tari Pilolo – Ghana

Gaya Dari Seni Tari Afrika Yang Kreatif di Dunia

Pilolo adalah langkah tarian Ghana terkenal yang menjadi hit besar di seluruh benua dan secara global pada tahun sebelumnya. Pencipta Pilolo, Zigi juga dikenal sebelumnya merilis Kupe, tantangan tarian terkenal yang membuat semua orang terpesona. Dari jalanan Ghana, Pilolo menjadi hit di New York City dengan Janet Jackson menampilkan Kupe dan Pilolo di akhir penampilannya “Made for Now” di “The Tonight Show” yang dibintangi Jimmy Fallon. Nama Pilolo dipinjam dari permainan petak umpet yang populer di kalangan anak-anak Ghana. Zigi dalam sebuah wawancara menjelaskan bahwa dia datang dengan langkah-langkah di malam hari saat membuat persiapan untuk syuting video tarian.

6. Tarian Malwedhe/Idibala – Afrika Selatan

Malwedhe tidak diragukan lagi adalah tarian terbesar Afrika Selatan pada tahun 2018 yang dengan cepat melebarkan sayapnya ke penonton internasional. Tarian ini merupakan produk dari lagu hit Raja Monada “Malwedhe” yang dalam bahasa Sepedi artinya sakit. Dalam tarian ini, para penggemar jatuh ke tanah ketika paduan suara “ke na le bolwedhe bao idibala” dinyanyikan. Video menggila tari telah muncul dari negara-negara jauh di luar negeri seperti Cina. Simulasi keruntuhan atau pingsan dicintai oleh semua orang tetapi organisasi nirlaba yang berurusan dengan epilepsi mengeluhkan tarian tersebut mengolok-olok individu penderita epilepsi. Yang lain telah menyuarakan keprihatinan tentang kemungkinan cedera ketika seseorang jatuh ke tanah. Tantangan Malwedhe/Idibala menggemparkan benua itu.

7. Black Panther/Wakanda – Afrika/Diaspora

Setelah merilis film Black Panther yang menjadi hit di seluruh dunia, para penggemar memulai tarian yang dengan cepat mengirimkan gelombang kejut ke seluruh Afrika. Tarian ini merupakan bukti betapa penggemar sangat antusias dengan Black Panther. Tidak diragukan lagi, tarian Wakanda adalah kekuatan yang harus diperhitungkan sebelumnya. Menariknya, orang Afrika yang tinggal di diaspora maupun non-Afrika semuanya ikut bersenang-senang.

8. Tarian Kwangwaru – Tanzania

Gaya tari Kwangwaru dari Tanzania berasal dari Kwangwaru, Afrika Timur yang terkenal hit oleh seniman Tanzania Harmonize dan Diamond Platnumz. Setelah merilis lagu tersebut pada tahun sebelumnya, tarian Kwangwaru langsung mendapatkan momentum dengan para penggemar di seluruh benua mengunggah tantangan tarian Kwangwaru mereka di media sosial. Tidak diragukan lagi, sebesar Kwangwaru hit, gerakan tarian ini diperkirakan akan tetap menggila dalam beberapa hari mendatang.

Julia Bishop

Back to top