Gaun Dansa dan Menari Paling Populer di Dunia Saat Ini

Gaun Dansa dan Menari Paling Populer di Dunia Saat Ini – Apa yang kita kenakan pada saat kita tampil sudah banyak berubah dalam sejarah tari. Kostum tari merupakan salah satu bidang yang sangat khusus dan juga harus mencerminkan konsep keseluruhan dari pekerjaan, gerakan tubuh, tuntutan koreografi dari suatu karya tertentu dan efek dari kain yang berbeda dalam gerakan semuanya harus dipertimbangkan. Mari kita lihat bagaimana mode dalam kostum tari paling populer di dunia.

1. Belly Dance

Gaun Dansa dan Menari Paling Populer di Dunia Saat Ini

Gaun tari, Tari Perut juga dikenal sebagai raqs sharqi, gaun tari perut secara tradisional merupakan bentuk solo untuk wanita. Berakar pada zaman pra-Islam, bentuk tarian Timur Tengah ini diajarkan di dalam keluarga dan dilakukan selama perayaan. Di pengadilan Islam abad ke-10 dan ke-11 dan abad ke-18. Di istana Ottoman, tari perut mengambil gaya klasik yang lebih halus. Dicirikan oleh gerakan pinggul yang berliku-liku, berirama, dan lengan yang bergelombang. Tarian perut telah populer di kabaret sejak abad ke-19. Sejak tahun 1970-an telah terjadi kebangkitan internasional minat dalam bentuk tradisional di antara penari profesional dan amatir. sbobetonline

2. Tarian Rakyat Brasil

Tarian Rakyat Brasil ditemukan dalam banyak gaya yang berbeda di setiap wilayah negara, dan sering dipengaruhi oleh tarian dan tradisi budaya Afrika. Samba Brasil yang semarak, dan pentingnya Karnaval tahunan, diakui di seluruh dunia. Tarian di Brasil terkait erat dengan spiritualitas dan dipandu oleh agama-agama seperti Batuque.

3. Tarian Cina

Tarian Tionghoa dapat dibagi menjadi dua gaya utama: minjian wudao (tarian rakyat) dan gudian wudao (tarian klasik). Dalam tarian rakyat, pencantuman unsur teatrikal seperti pantomim dan drama seringkali menggambarkan alur yang pendek. Tari klasik masa kini merupakan upaya untuk merekonstruksi tarian masa lalu berdasarkan pemahaman dan pengetahuan masa kini tentang kosakata tersebut.

Gaya ketiga dari tarian Tiongkok adalah minzu wuju (drama tari nasional), yang biasanya menampilkan koreografi baru yang menggabungkan kosakata tari Tiongkok dan barat, dan dapat mencerminkan peristiwa sejarah atau kontemporer. The Magic Lantern dan The Butterfly Lovers adalah dua contoh minzu wuju. Perangkat pembelajaran multimedia interaktif untuk rumah atau sekolah tersedia dari Little Pear Garden Collective.

4. Tarian Flamenco

Gaun Dansa dan Menari Paling Populer di Dunia Saat Ini

Tari Flamenco awalnya dikembangkan dari cante atau lagu-lagu Andalusia, Spanyol yang mengungkapkan berkah dan kesulitan hidup sehari-hari. Tarian ini dicirikan oleh gerakan kaki yang sangat bernuansa, perkusi, tulang belakang lurus dengan kadang-kadang lengkungan di punggung atas, dan lengan dipegang dalam lekukan panjang yang membingkai tubuh. Ini menyampaikan kekuatan dan, secara bersamaan, kelembutan, urgensi, kebanggaan dan ketahanan. Pada abad ke-20, flamenco menjadi populer di lingkungan teater tetapi awalnya ditarikan di jalanan, di kafe dan di rumah-rumah orang untuk acara-acara khusus seperti pernikahan atau ulang tahun, seperti yang masih ada sampai sekarang.

5. Tarian Jazz

Tarian jazz dikembangkan di Amerika Serikat oleh orang Afrika-Amerika pada awal abad ke-20. Itu mengacu pada ritme dan teknik Afrika yang mengisolasi berbagai bagian tubuh dalam gerakan. Nama ini pertama kali digunakan selama Perang Dunia I, dan pada tahun 1920-an jazz telah diambil oleh masyarakat umum. Kehadirannya di film, di televisi dan di Broadway memberikan penonton yang besar dan abadi. Salah satu contoh paling awal dari tarian jazz teatrikal adalah balet George BalanchineSlaughter di Tenth Avenue (1936). Katherine Dunham dan Bob Fosse adalah horeografer jazz Amerika terkemuka. Calgary, Alberta’s Explaindly Jazz Danceworks, didirikan pada tahun 1984, adalah promotor penting dari tarian jazz.

6. Korea, Tarian Modern

Ini berkembang pada tahun 1920-an. Sejak tahun 1980-an, dipengaruhi oleh tarian tradisional Korea serta oleh balet barat dan tari modern, tari kontemporer Korea telah berkembang pesat.n Miyoung Kim mendirikan Korean Dance Studies Society of Canada pada tahun 1979. Untuk informasi lebih lanjut tentang Korea dan budaya tarinya, kunjungi Korea. net.Masyarakat Korea memiliki rencana pelajaran untuk guru K-12 tentang Tari Tradisional Korea.

Tarian modern biasanya mengacu pada tari konser abad ke-20 yang berkembang di Amerika Serikat dan Eropa. Memberontak terhadap balet klasik, pionir tari modern awal mulai berlatih “tarian bebas”, seringkali dengan kaki telanjang. Di Amerika, Loie Fuller, Isadora Duncan dan Ruth St. Denis mengembangkan gaya tari bebas mereka sendiri, membuka jalan bagi pelopor tari modern Amerika Martha Graham, Doris Humphrey dan José Limón. Di Eropa, Rudolf von Laban, mile Jaques-Dalcroze dan François Delsarte mengembangkan teori gerakan manusia dan metode pengajaran yang mengarah pada perkembangan tari modern dan ekspresionis Eropa. Saat ini istilah tari modern terkadang digunakan secara bergantian dengan tari kontemporer.

7. Tarian Asia Selatan

juga disebut tari India, dapat diatur ke dalam tiga kategori: klasik, rakyat dan modern. Bentuk-bentuk tarian klasik adalah salah satu yang paling terpelihara dan paling tua dipraktikkan di abad ke-21. Istana kerajaan, kuil, dan tradisi pengajaran guru-ke-murid membuat seni ini tetap hidup. Di daerah pedesaan, tarian rakyat tetap menjadi ekspresi dari pekerjaan sehari-hari dan ritual masyarakat desa. Tarian India modern, produk abad ke-20, adalah campuran kreatif dari dua bentuk pertama, dengan gerakan dan ritme yang diimprovisasi secara bebas untuk mengekspresikan tema dan dorongan baru India kontemporer.

Julia Bishop

Back to top